Kopi-kopi termahal di dunia

Kopi yang telah di kembangkan hampir di 70 negara di seluruh dunia dan telah melekat dengan budaya dunia. Membuat kopi memiliki banyak sekali jenis-jenis yang di kembangkan di setiap negara, di indonesia tentu saja Kopi Luwak begitu tersohor seantero negri dan bahkan ke seluruh dunia. Ya, kopi luwak begitu mendunia dengan harga yang begitu mahal per cangkirnya bahkan di bandrol seharga antara 40-80 dollar/cangkir atau setara Rp. 53.000 sampai Rp.107.000 untuk setiap cangkirnya.

Namun ternyata bukan hanya kopi luwak saja yang memiliki harga yang mahal di dunia ini. Ada beberapa kopi yang terkenal memiliki harga mahal, berikut daftar harga kopi termahal didunia.

1. Kopi Luwak (Indonesia)


Kopi yang secara alami terfermentasi oleh luwak/musang ini di kenal memiliki cita rasa yang khas, maka tidak heran jika kopi luwak begitu dicari dan digemari meskipun harganya yang terbilang mahal. Luwak sendiri memang dikenal sebagai hewan pemakan buah-buahan, hewan yang juga memiliki indra penciuman yang cukup tajam ini memakan biji-bijian kopi langsung dari pohon sehingga lewat bantuan indra penciumanya luwak secara alami memilih biji kopi yang akan di makan.
Biji kopi yang terlindung lapisan kulit akan tetap terjaga kondisinya karna dalam pencernaan sekaligus proses fermentasi alamai yang di lakukan luwak tidak dapat merusak biji kopi itu sendiri. Dengan proses yang alami itulah yang menyebabkan kopi luwak memiliki rasa yang khas.
Kopi luwak sendiri sudah cukup lama di kenal di berbagai dunia, bahkan kopi ini di nobatkan menjadi kopi termahal di dunia dengan kisaran harga $160 hingga $600/pound.

2. Black Ivory (Thailand)

Nama Black Ivory merupakan merk dari perusahaan yang memproduksi kopi jenis ini yaitu Black Ivory Coffee Company Ltd. Kopi yang juga terinspirasi oleh kopi luwak dari indonesia ini memanfaatkan gajah sebagai media untuk proses fermentasi alaminya.
Berbeda dengan luwak, proses fermentasi gajah sendiri akan memecah selulosa dan membantu mengurangi rasa pahit dari biji kopi, sayangnya hanya sedikit biji kopi yang dapat di ambil dari proses fermentasi ini sehingga menambah kelangkaan kopi ini.
Dengan cukup langkanya kopi ini Black Ivory pada tahun 2013 di jual dengan harga $60. Dan bahkan di lelang dengan harga $500/pound.

3. Finca El Injerto (Guatemala)

Kopi yang di perkenalkan oleh Jesus Aguirre Panama pada tahun 1874 ini memiliki rasa yang unik, dimana kopi in memiliki rasa hazelnut dan coklat yang memberi efek relaksasi. Kopi yang di tanam di La Libertad dan Huehuetanango juga memiliki aroma herbal dan bunga seperti mawar dan melati. Hal ini di pengaruhi oleh iklim micro dan asal asli biji kopi yang juga sekaligus menjadi faktor utama tingginya harga kopi El Injerto ini.
Kopi El Injerto pernah memecahkan rekor harga $500/pound pada pelelangan online di tahun 2012.

4. Hacienda La Esmarelda (Panama)

Perkebunan kopi yang terletak di Gunung Baru wilayah Jamarillo bagian barat panama ini, merupakan perkebunan yang sempurna untuk tanaman kopi. Gunung dengan ketinggian 1450-1800 mdpl ini menjadi tempat utama budidaya kopi La Esmarelda atau juga di kenal Geisha Esmarelda, perkebunan yang hanya memproduksi 6 ton tiap tahunya ini membuat kopi La Esmarelda begitu langka di pasaran.
Kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi ini juga memiliki aroma bunga dan herbal yang di campur dengan rasa jeruk dan bergemot. La Esmarelda yang telah mendapat 13 kali penghargaan ini dijual dengan harga $35/cangkir dan memecahkan rekor harga penjualan pada 2014 dengan harga $350.25/pound.

5. St. Helena (St.Helena)

Kopi jenis Arabica yang di budidayakan di pulau St.Helena ini konon di kembangkan oleh Napoleon Bonaparte. pulau kecil yang terletak di wilayah Vulkanik di Samudra Atlantik Selatan sekitar 1200 km dari pantai barat Afrika ini membuat kopi St. Helena memiliki harga yang tinggi. Kopi yang juga memiliki aroma dan rasa bunga di tambah jeruk dan karamel yang membuat kopi ini semakin nikmat.
Kopi St. Helena di jual dengan harga $79/pound.

6. Blue Mountain (Jamaika)

Kopi yang di budidaya di pegunungan Blue dengan ketinggian 7000 mdpl membuat perkebunan kopi ini terslimuti hutan alami. pegunungan Blue yang hanya mendapat sedikit sinar matahari ini membuat proses pematangan kopi berjalan lambat, namun dengan proses pematanga yang panjang membuat kopi ini memeiliki rasa yang padat, tingkat asam yang rendah dengan aroma kuat dan manis. Kopi yang di perkaya dengan rasa herbal dan aroma rempah yang ditambah rasa manis bunga membuat kopi Blue Mountain memiliki rasa yang istimewa di banding kopi pada umumnya.
Kopi yang hampir 80% di ekspor ke negara jepang ini di jual dengan harga $50/pound.

7. Fazenda Santa Ines (Berazil)

Kopi yang di tanam di perkebunan bagian Minas Geraiz Brazil ini, merupakan perkebunan yang masih mempertahankan seluruh proses tradisional yang telah turun temurun di lakukan untuk mengolah hasil tanaman kopi. Kopi yang memiliki rasa unik seperti campuran buah dan karamel ini membuat harga kopi ini cukup mahal.
Kopi ini di bandrol dengan harga $50/pound.

8. Los Planes (El Savador)

Perkebunan kopi yang terletak di ketinggian 5300 kaki ini adalah perkebunan milik Jose OnofreTicas, dan secara turun temurun di kembangkan oleh cucunya. Kopi dari jenis Arabika ini memiliki rasa yang berbeda dari kopi jenis yang sama pada umumnya, dimana kopi Los Planes ini memiliki rasa buah yang kuat seperti kacang-kacangan, kismis, plum dan melon.
Kopi ini juga memiliki perpaduan rasa blackcurrent, coklat dan gula merah, saat di minum kopi ini memberi sara krim dan mint di lidah.
Kopi ini di jual dengan harga $40/pound.


0 komentar:

Posting Komentar