Harga Kopi Dunia Terus Menurun

Harga kopi dunia terus mengalami penurunan.


SmileCoffee. harga kopi dunia terus mengalami penurunan, seperti di beritakan di kontan.co.id bahwa harga kopi di dunia terus mengalami penurunan pada kurun waktu awal tahun 2015 hingga awal tahun 2016, hal ini di sebabkan pengaruh dari penurunan harga minyak mentah dunia.

Sejatinya harga kopi Robusta pada awal tahun 2015 pada level 1.800 dollar AS/ton, dan terus turun hingga bulan Desember 2015 pada level 1.400 dollar AS/ton, dan pada awal tahun 2016 tepatnya di bulan Januari terjadi penurunan harga pada level 1.340 dollar AS/ton.

Selain kopi Robusta jenis kopi lain seperti kopi Arabika juga mengalami penurunan harga, jika pada awal tahun 2015 harga kopi jenis ini berada pada level 200 dollar AS/lips, dan pada akhir taun 2015 terjadi penurunan harga terendah pada level 115 dollar AS/lips, pada awal tahun 2016 pun jenis kopi ini tak luput dari penurunan harga bahkan penurunan ini berada pada level harga 114 dollar AS/lips.

Harga minyak dunia yang terus menurun bukanlah menjadi penyebab utama menurunya harga kopi. Selain harga minyak dunia penuruanan harga ini juga di sebabkan ekspektasi para pelaku usaha terkait panen yang tidak mengalami masalah. Banyak pihak yang "over time" dengan cuaca dan mengira hasil panen tak akan berpengaruh.

Namun, di prediksi harga kopi akan segera mengalami koreksi atau meningkat, ini disebabkan hasil panen yang tidak sesuai harapan. Kondisi yang dipengaruhi oleh elnino kemungkinan besar akan mempengaruhi hasil panen tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar